Dr. Maria Ulfah, STP, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Kajian Pengendalian Mutu Proses Fraksinasi RBDPO Dalam Menghasilkan Olein Dan Stearin Ditinjau Dari Parameter Mutunya


Telah dilakukan penelitian mengenai kajian mutu proses fraksinasi RBDPO dalam menghasilkan olein dan stearin dengan tujuan penelitan adalah untuk mengkaji pengendalian mutu produksi di PT. Tanjung Sarana Lestari, mengkaji kapabilitas proses dan mengetahui korelasi antara kualitas RBDPO yang digunakan terhadap kualitas olein dan kualitas stearin yang dihasilkan.
Analisis pengendalian mutu menggunakan alat bantu peta kendali sedangkan untuk mengetahui korelasi antara kualitas RBDPO dengan kualitas olein dan stearin menggunakan diagram tebar.
Hasil peta kendali menunjukkan bahwa kualitas RBDPO yang paling stabil adalah pada mutu M+I sedangkan mutu yang lain seperti FFA, color dan IV belum terkendali secara statistik dan kualitasnya juga beragam. Kualitas mutu olein pada parameter FFA menunjukkan paling banyak di luar batas kendali, sedangkan pada kualitas stearin nilai color menunjukkan paling banyak berada di luar batas kendali yang berarti kualitas belum terkendali secara statistik. Meskipun demikian semua parameter mutu tersebut masih memenuhi standar mutu yang ditetapkan. Berdasarkan perhitungan kapabilitas proses yang telah dilakukan disimpulan proses sangat mampu untuk memenuhi spesifikasi yang diinginkan pelanggan. Namun untuk nilai color perlu pengendalian ketat pada proses bleaching dan deodorisasi baik pada olein dan stearin. Berdasarkan hasil analisis diagram tebar dapat diketahui bahwa korelasi antara kualitas RBDPO dengan kualitas olein dan stearin berkorelasi positif lemah kecuali pada nilai color yang berkorelasi positif kuat.
LOADING LIST...
prakassankertaadi@gmail.com
Dr. Maria Ulfah, STP, MP - Personal Name
Prakas Sankerta Adi - Personal Name
Ir. Adi Ruswanto,MP - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...