Dr. Ir. Danang Manumono, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PERSEDIAAN BARANG DI GUDANG ESTATE PT SURYA BRATASENA PLANTATION KECAMATAN PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN PROVINSI RIAU


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata letak pergudangan estate, prosedur pengadaan dan permintaan persediaan barang di gudang estate, administrasi pergudangan dan ketepatan terhadap jumlah dalam permintaan barang PT. Surya Bratasena Plantation. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan april 2018 yang bertempat di PT. Surya Bratasena Plantation, Desa Sorek Dua, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.
Metode dasar dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendekripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul dari hasil penelitian, lalu dianalisis untuk mengetahui gambaran secara sistematis dan faktual. Metode penentuan daerah lokasi penelitian adalah secara purposive sampling karena PT. Surya Bratasena Plantation memiliki gudang estate.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata letak pergudangan mencakup pada tata letak segi lokasi gudang strategis, tata letak gudang secara keseluruhan dikategorikan baik yaitu gudang pupuk, BBM oli, dan BBM solar. Tata letak ruang gudang dalam 5R belum diterapkan secara keseluruhan meskipun sudah dilakukan tetapi ada sebagian yang tidak dilakukan.Prosedur pengadaan dan permintaan persediaan barang di gudang sudah diterapkan, persediaan barang didasarkan atas stok opname dan dasar pembelian barang atau Purchase Order (PO) dilakukan oleh kantor direksi Pekanbaru serta Request Order (RO) dilakukan oleh pihak gudang yang didasarkan atas permintaan dari pihak kebun. Pada administrasi dalam pergudangan yaitu kode/label barang tidak seragam karena terdapat 6 digit dan 9 digit yang berakibat sebagai penambahan item hingga menyulitkan dalam komputerisasi sistem. Serta kecerobohan dari petugas gudang dalam pencatatan barang di kartu stok dan kartu bin sehingga terjadi selisih. Ketepatan terhadap jumlah permintaan barang yaitu permintaan merek barang sparepart yang tidak ada di RO (Request Order) pusat.


LOADING LIST...
febrina.mesha@yahoo.com
Dr. Ir. Danang Manumono, MS (P) - Personal Name
Mesha Febrina - Personal Name
Istiti Purwandari, SP. MP. - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...