Ir. Trismiaty, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI SEKITAR PERKEBUNAN KELAPA SAWIT ( Elaeis guineensis jacq ) di PT SOCFINDO KEBUN BANGUN BANDAR, SERDANG BEDAGAI, SUMATRA UTARA


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat disekitar Perkebunan Kelapa Sawit PT SOCFINDO Kebun Bangun Bandar Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini dilakukan di Desa Martebing Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatra Utara pada bulan april hingga bulan mei 2018.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitan ini adalah analisis deskriptif. Penentuan lokasi menggunakan metode Purposive sampling. Metode yang digunakan pada penentuan sampel adalah metode Snowball sampling dengan dengan jumlah 40 responden yang terdiri dari 20 responden penduduk yang bekerja di perkebunan kelapa sawit dan 20 responden penduduk yang bekerja diluar perkebunan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari lembaga terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi ekonomi masyarakat yang bekerja di luar perkebunan kelapa sawit lebih baik dibandingkan masyarakat yang bekeja di perkebunan kelapa sawit. Hal ini dilihat dari lebih besarya pendapatan rata-rata masyarakat yang bekerja di luar perkebunan kelapa sawit. Dilihat juga dari kepemilikan aset-aset berharga seperti kepemilikan mobil serta kemampuan dalam menabung sisa pendapatan baik itu berupa tabungan di Bank maupun
tabungan dalam bentuk perhiasan juga lebih banyak dimiliki oleh penduduk yang bekerja di luar perkebunan kelapa sawit.
Sedangkan kondisi sosial masyarakat yang bekerja diperkebunan kelapa sawit jika dilihat dari keikutsertaan masyarakat dalam mengikuti kegiatan sosial kemasyarakatan terutama dalam mengikuti kegiatan gotong royong lebih baik dibandingkan masyarakat yang bekerja di luar perkebunan kelapa sawit. Namun kondisinya akan lebih rendah jika dilihat dalam memanfaatkan aktivitas luang dimana masyarakat yang bekerja di perkebunan kelapa sawit lebih banyak yang mengisi waktu luangnya untuk tidur daripada bercengkarma dengan tetangga seperti yang dilakukan oleh kebanyakan nmasyarakat yang berkerja di luar perkebunan kelapa sawit.





Kata kunci : Kondisi sosial ekonomi, Pendapatan, Keiktsertaan

LOADING LIST...
sandraadila.putri97@gmail.com
Ir. Trismiaty, MP (P) - Personal Name
Sandra Adila Putri - Personal Name
Istiti Purwandari, SP., MP - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...