Ir. Agus Prijono, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STUDI SERANGAN HAMA PADA TANAMAN JATI (Tectona grandis) DI KECAMATAN NGEMPLAK, KABUPATEN SLEMAN, PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


Jati merupakan salah satu tanaman kehutanan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Jati (Tectona grandis) mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, karena kayunya tergolong kayu serbaguna. Hutan tanaman dibudidayakan biasanya untuk bahan baku industri ditanam monokultur, cenderung memacu meningkatnya populasi hama dan penyakit. Selain ekosistem monokultur yang lebih rentan terhadap serangan hama karena terbatasnya keanekaragaman jenis tanaman. Untuk mengantisipasi kerusakan oleh serangan hama maka perlu dilakukan suatu penelitian tentang serangan hama dan pertumbuhan pada tegakan jati (Tectona grandis) di Dusun Pokoh, Desa Wedomartani dan Dusun Kabunan, Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian dilakukan pada Dusun Pokoh, Desa Wedomartani dan Dusun Kabunan, Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewah Yogyakarta. Parameter yang diamati adalah identifikasi jenis-jenis hama, intensitas serangan hama (%), persentase kerusakan hama (%), tinggi (m) dan diameter (cm) tanaman pada tegakan jati (Tectona grandis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis hama yang menyerang tegakan jati (Tectona grandis) di Dusun Pokoh yaitu belalang kayu, semut hitam dan ulat daun jati sedangkan di Dusun Kabunan yaitu belalang kayu, rayap tanah, semut hitam, dan ulat daun jati. Intensitas serangan hama pada tegakan jati di Dusun Pokoh sebesar 96 %, sedangkan di Dusun Kabunan sebesar 98 %, dan masuk kriteria serangan berat sekali. Persentase kerusakan hama pada tegakan jati (Tectona grandis) pada daun di Dusun Pokoh sebesar 88,4 % (kriteria serangan berat sekali) dan pada batang sebesar 17,5 % (kriteria serangan ringan). Sedangkan di Dusun Kabunan pada daun sebesar 81,7 % (kriteria serangan berat sekali) dan pada batang sebesar 9,10 % (kriteria serangan ringan). Rata-rata tinggi batang pada tegakan jati (Tectona grandis) di Dusun Kabunan sebesar 13,2 m, sedangkan di Dusun Pokoh yaitu 11,2 m. Rata-rata diameter batang pada tegakan jati di Dusun Pokoh sebesar 14,2 cm, sedangkan di Dusun Kabunan sebesar 10,4 cm.

LOADING LIST...
ahmadrofiq0807@gmail.com
Ir. Agus Prijono, MP - Personal Name
Karti Rahayu Kusumaningsih, S.Hut, MP - Personal Name
AHMAD ROFIQ - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...