IVAN ORISMA; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KONSENTRASI DAN FREKUENSI APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR DAUN KELOR DAN BONGGOL PISANG TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY


ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan frekuensi aplikasi pupuk organik cair daun kelor dan bonggol pisang terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery. Penelitian dilakukan di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Adapun waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama 3 bulan dari bulan Maret sampai Juni 2018.
Rancangan Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu konsentrasi yang terdiri dari 3 aras yaitu, 10%, 30% dan 50%. Faktor kedua adalah frekuensi aplikasi POC yang terdiri dari 3 aras yaitu 3 hari sekali, 7 hari sekali dan 11 hari sekali.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh konsentrasi dan frekuensi aplikasi pupuk organik cair daun kelor dan bonggol pisang tidak memberikan interaksi nyata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery. Konsentrasi 10%, 30% dan 50% memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, konsentrasi 10% lebih efisien. Frekuensi aplikasi aplikasi pupuk organik cair (POC) 3 hari sekali, 7 hari sekali dan 11 hari sekali memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, aplikasi POC 11 hari sekali lebih efisien.

Kata kunci: POC, daun kelor, bonggol pisang, konsentrasi, frekuensi dan bibit kelapa sawit.

LOADING LIST...
ivantwenty8@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...