Erick Firmansyah, SP. M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM BAHAN ORGANIK PADA BEBERAPA PERBANDINGAN PASIR DAN LEMPUNG SEBAGAI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


PENGARUH MACAM BAHAN ORGANIK PADA BEBERAPA PERBANDINGAN PASIR DAN LEMPUNG SEBAGAI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY
Angga Putra Pratama , Sri Manu Rochmiyati , Erick Firmansyah
Fakultas Pertanian Institut Pertanian STIPER Yogyakarta

ABSTRAK
Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh macam bahan organik pada beberapa komposisi media tanam (pasir dan lempung) terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, telah dilakukan di Desa Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta pada bulan Maret hingga Mei 2018.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah macam bahan organik yang terdiri dari 5 macam yaitu : pupuk NPK dan urea masing” dosis 0.4g/bibit sebagai kontrol, pupuk kandang, bioslurry dan ampas tebu. Faktor kedua adalah komposisi media tanam yang terdiri dari campuran pasir lempung dengan perbandingan volume 1:1, pasir lempung 1:2, pasir lempung 2:1, pasir lempung 1:3, pasir lempung 3:1.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat kombinasi yang baik antara macam bahan organik dan komposisi media tanam, penggunaan pupuk organik bioslurry memberikan pengaruh paling baik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, pencampuran media tanam pasir lempung dengan berbagai perbandingan volume memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

Kata kunci: macam bahan organik

LOADING LIST...
angga.pp.0011@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...