"Daniel Manullang"; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM ZPT TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY YANG DITANAM PADA MEDIA ABU SEKAM PADI DAN PASIR


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh macam ZPT terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery yang ditanam pada media abu sekam padi dan pasir. Penelitian ini dilaksanakan di desa Maguwoharjho, Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan 16 February hingga 16 Mei 2018.
Rancangan penelitian ini menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah Aplikasi ZPT (Z) terdiri dari 3 macam yaitu (Pupuk Anorganik (Kontrol), Air kelapa 50 ml/l dan Growtone 25 mg/l). Sedangkan faktor kedua adalah komposisi media tanam, yang terdiri dari 4 aras yaitu (Tanah Latosol, Tanah Latosol + Abu Sekam Padi, Tanah Latosol + Abu Sekam Padi + Pasir dan Tanah Latosol + Pasir). Dari Kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan dan masing – masing perlakuan dilakukan 5 ulangan. Jumlah bibit yang diperlukan untuk percobaan adalah 5x12 = 60 polybag. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat interaksi nyata antara macam ZPT dan komposisi media tanam tanah latosol, abu sekam padi, dan pasir terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit. Aplikasi ZPT tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit. Komposisi media tanam tanah latosol dan abu sekam padi berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman bagian atas bibit kelapa sawit, namun tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan akar kelapa sawit di pre nursery.

Kata Kunci: Macam ZPT, air kelapa, growtone, pupuk anorganik, media tanam, frekuensi penyiraman, bibit kelapa sawit.

LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...