Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMANFAATAN PUPUK CAIR DARI KEONG UNTUK PERTUMBUHAN PEMBIBITAN KRLAPA SAWIT DI PRE NURSERY


ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui konsentrasi dan frekuensi pemberian pupuk cair keong dan interaksinya terhadap pertumbuhan pembibitan kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilakukan di Maguwoharjo. Adapun waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama 3 bulan dari bulan Maret sampai Juni 2018.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi pupuk cair keong yang terdiri dari 4 aras yaitu : kontrol, pupuk cair keong 200 ml/10 liter air, pupuk cair keong 300 ml/10 liter air, dan pupuk cair keong 400 ml/10 liter air. Faktor kedua adalah frekuensi pupuk cair keong, yang terdiri dari 3 aras yaitu : 1 x 6 hari, 1 x 9 hari dan 1 x 12 hari.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi dan frekuensi pupuk cair keong tidak memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi bibit, jumlah daun, berat segar tajuk, berat kering tajuk, panjang akar, berat segar akar, berat kering akar, dan diameter batang dan volume akar. Pada interaksi pemberian pupuk cair keong meunjukkan adanya beda nyata. Pada konsentrasi 200 ml/bibit, sudah cukup baik untuk pertumbuhan bibit. Pada frekuensi penyiraman 1 x 12 hari, sudah cukup baik untuk pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

Kata kunci : pupuk cair keong, tanah regosol dan bibit kelapa sawit.

LOADING LIST...
difanovriza1094@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...