Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH JENIS ZAT PENGATUR TUMBUH DAN VOLUME AIR SIRAMAN TERHAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY


ABSTRSK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis zat pengatur tumbuh dan volume air siraman serta interaksinya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilaksanakan di Desa Jenengan Kelurahan Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ketinggian 118 m dpl. Penelitian dilaksanakan pada bulan februari hingga mei 2019.
Penelitian menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah jenis zat pengatur tumbuh yang terdiri dari 3 aras yaitu : tanpa zat pengatur tumbuh (kontrol), auksin dan air kelapa. Sedangkan faktor kedua adalah jumlah air siraman, yang terdiri dari 3 aras yaitu : 100 ml/hari, 200 ml/hari , 300 ml/hari. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 9 kombinasi perlakuan dan masing – masing perlakuan dilakukan 5 ulangan. Jumlah bibit yang diperlukan untuk percobaan adalah : 5x9 = 45 polybag. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan tidak terjadi interaksi antara zat pengatur tumbuh dan volume air siraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Perlakuan zat pengatur tumbuh auksin memberikan tinggi bibit, jumlah daun, panjang akar, dan diameter batang lebih baik dibandingkan dengan perlakuan lainnya. Perlakuan volume siraman 200 ml memberikan tinggi bibit dan jumlah daun yang lebih baik meskipun tidak berbeda nyata dengan volume 100 ml.


Kata kunci: auksin, air kelapa, volume siraman, kelapa sawit, pre nursery



LOADING LIST...
sandisiregar17@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
Yogyajarta
LOADING LIST...