Dr. Ir. Herry Wirianata, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KONSENTRASI PGPR (PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA) DAN MACAM PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI JAGUNG SEMI (Zea mays L.)


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi PGPR (Plant Growth Promoting Rizhibacteria) dan macam pupuk organik terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung semi. Penelitian ini dilaksanakan di desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada bulan Februari – April 2018.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 2 faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi PGPR (kontrol, 1%, 2%, dan 3%) sedangkan faktor kedua adalah macam pupuk organik (pupuk kascing, kandang sapi, dan kandang kambing), dengan 6 ulangan. Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam (Analysis of Variance) pada jenjang nyata 5 %. Perbedaan antara perlakuan diketahui dengan menggunakan uji DMRT (Duncan New Multiple Range Test) jenjang 5 %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi perlakuan konsentrasi PGPR 2% dan pupuk kascing memberikan pengaruh yang terbaik terhadap pertumbuhan vegetatif dan generatif (produksi) tanaman jagung semi.

Kata kunci : PGPR, pupuk organik dan jagung semi

LOADING LIST...
fachrulrachmadi@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...