Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Respon Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit di Pre Nursery Terhadap Penyiraman Air Payau Pada Beberapa Komposisi Media Tanam


ABSTRAK
Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery terhadap penyiraman air payau pada beberapa komposisi media tanam telah dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakartapada bulan Februari-Mei 2018.
Penelitian ini merupakan percobaan faktorial dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi penyiraman air payau yang terdiri dari lima aras konsentrasi yaitu : 0%, 10%, 20%, 30%, 40%. Faktor kedua adalah komposisi media tanam yang terdiri dari 4 macam komposisi yaitu Pasir + Lempung, Pasir + Lempung + B.O, Pasir +B.O, Lempung+B.O.Data dianalisis dengan sidik ragam (Analysis of variance) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi kombinasi yang baik antara konsentrasi penyiraman air payau dankomposisi media tanam terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penyiraman air payau pada berbagai konsentasi memberikan pengaruh yang sama, demikian juga media tanam pada berbagai komposisi memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

Kata kunci : Bibit Kelapa sawit, pre nursery, air payau, media tanam.

LOADING LIST...
muhammadsyahfuddin8@gmail.com
NONE
Text
INSTPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...