Muhamad Ferli; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KOMPOS AMPAS TEBU DAN PEMBERIAN ZPT ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY


ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ZPT organik dan kompos ampas tebu terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilakukan di Maguwoharjo. Adapaun waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama 3 bulan dari bulan Maret sampai Mei 2018 dengan menggunakan tanah regosol.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama kompos ampas tebu yang terdiri dari 3 aras yaitu kontrol, ampas tebu 10 % dan ampas tebu 25 %. Faktor kedua zpt organik yang terdiri dari 4 aras yaitu kontrol, dosis 10 ml, dosis 20 ml, dan dosis 30 ml.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompos ampas tebu tidak memberikan pengaruh nyata terhadap jumlah daun, jumlah akar, dan berat kering akar, dan berpengaruh nyata terhadap tinggi bibit, luas daun, diameter batang, berat segar tajuk, berat kering tajuk, panjang akar, dan berat segar akar. Ampas tebu 10 % menunjukkan sama baiknya dengan kontrol dibandingkan dengan 25 %. Demikian juga pada pemberian ZPT organik tidak meberikan pengaruh nyata tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, diameter batang, berat kering tajuk, berat segar tajuk, panjang akar, dan berat segar akar dan berpengaruh nyata terhadap jumlah akar, dan berat kering akar. Pada dosis 20 ml memberikan hasil lebih baik dibandingkan dengan dosis 0 ml, 10 ml dan 30 ml.

Kata kunci : kompos ampas tebu, ekstrak rebung dan bibit kelapa sawit.

LOADING LIST...
muhamadferli888@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...