Dr. Dra Yohana Theresia Maria Astuti, M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Kajian Pengaruh Curah Hujan Terhadap Produksi Kelapa Sawit Studi Kasus Di PT Tunggal Perkasa Plantations


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh curah hujan terhadap produksi Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit. penelitian dilakukan di PT, Tunggal Perkasa Plantations di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Penelitian dilakukan selama 1 bulan yaitu dari tanggal 28 Mei 2018 sampai dengan tanggal 9 July 2018.
Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis korelasi dan regresi, untuk melihat pengaruh curah hujan terhadap produksi TBS. Data yang digunakan merupakan data sekunder yaitu, data produksi selama 10 tahun dan data curah hujan selama 10 tahun terakhir. Analisis korelasi dan regresi dilakukan pada selang waktu 0 tahun (lag 0), selang waktu 1 tahun (lag 1) dan selang waktu 2 tahun (lag 2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh curah hujan terhadap produksi TBS kelapa sawit menunjukkan adanya beda nyata pada selang waktu 0 tahun dan 1 tahun, sedangkan pada selang waktu 2 tahun tidak ada beda nyata. Sedangkan pengaruh curah hujan terhadap produksi pada selang waktu 1 tahun (lag 1) memiliki tingkat hubungan erat dan pengaruh paling besar terhadap produksi yakni -0,794 dan 63,1 %. Curah hujan akan mempengaruhi produksi TBS kelapa sawit pada 1 sampai 2 tahun berikutnya.

LOADING LIST...
bobie.rifkia@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...