Dr. Achmad Himawan, S.Si., M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENDUGAAN NERACA KARBON PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KECAMATAN HARUAI, KABUPATEN TABALONG, KALIMANTAN SELATAN


INTISARI
Dalam kurun dasawarsa terakhir, produksi minyak kelapa sawit di Indonesia berkembang pesat sebagai akibat dari permintaan baik pasar lokal maupun internasional. Potensi penggunaan minyak sawit sebagai biodiesel untuk mengurangi emisi karbon dan ketergantungan terhadap penggunaan bahan bakar fosil telah menjadi fokus perdebatan berkaitan dengan emisi CO2 yang disebabkan oleh konversi lahan perkebunan kelapa sawit.
Penelitian emisi CO2 dilakukan pada lahan mineral. Oleh karna itu, penelitian ini bertujuan untuk menghitung neraca karbon kebun kelapa sawit di PT. Astra Agro Lestari 1, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan pada lahan dataran dan lahan bergelombang tahun 2018.
Pengukuran emisi dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan pendugaan emisi dari data sekunder. Perhitungan yang digunakan untuk mengetahui neraca/emisi neto karbon (CO2) adalah selisih antara stok CO2 dengan emisi CO2.
Emisi CO2 tahunan PT. Astra Agro Lestari 1 pada tanaman kelapa sawit berumur 19 tahun pada lahan dataran neraca karbon sebesar 705,42 ton CO₂/ha atau setara dengan 37,12 ton CO₂/ha/tahun. Sedangkan pada lahan bergelombang neraca karbon sebesar 481,2 ton CO₂/Ha atau setara dengan 30,075 ton CO₂/Ha/tahun.

Kata kunci : Stok CO2, lahan kelapa sawit, lahan mineral.

LOADING LIST...
suryanugroho964@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...