Ir. Tri Nugraha Budi Santosa, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PENAMBAHAN CAHAYA DAN APLIKASI KOMPOS KOTORAN TERNAK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KAKAO


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan cahaya dan aplikasi kompos kotoran ternak terhadap pertumbuhan bibit kakao. Penelitian ini dilakukan di Maguwoharjo. Adapun waktu dalam penelitian ini yaitu mulai dari bulan Maret hingga Juli 2018 dengan menggunakkan tanah regusol.
Rancangan penelitian yang digunakkan adalah Rancangan Petak Terbagi (split plot). Main plot adalah penambahan cahaya 2 jam, 4 jam, 8 jam dan kontrol sedangkan sub plotnya adalah aplikasi kompos kotoran ternak yang terdiri dari kompos kotoran sapi, kambing dan kelinci serta kontrol.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi nyata antara penambahan cahaya dan aplikasi kompos kotoran ternak dan berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit kakao yang berarti masing – masing perlakuan memberikan pengaruh tersendiri bagi pertumbuhan bibit kakao. Penambahan cahaya meningkatkan pertumbuhan tanaman bagian atas bibit kakao, namun tidak meningkatkan pertumbuhan akar. Aplikasi kompos kotoran ternak sapi, kambing dan kelinci meningkatkan pertumbuhan tajuk bibit kakao serta meningkatkan pertambahan panjang akar bibit kakao.
Kata kunci : penambahan cahaya, aplikasi kompos kotoran ternak dan bibit kakao
LOADING LIST...
miconatachrisandi@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...