Dani Syahputra; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Intensitas Penyinaran dan Aplikasi Urine Sapi Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit di Pre Nursery


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penyinaran dan aplikasi urine sapi terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilakukan di Maguwoharjo. Adapun waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama 3 bulan dari bulan Maret sampai Mei 2018 dengan menggunakan tanah regusol.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Petak Terbagi (split plot). Main plot yaitu naungan 100%, 75%, 50% dan sub plotnya berupa aplikasi urin sapi yang terdiri dari konsentrasi 0% (Kontrol), 20%, 40% dan 50%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penyinaran tidak memberikan pengaruh nyata terhadap jumlah daun, panjang akar, jumlah akar, berat kering akar dan berpengaruh nyata terhadap tinggi bibit, luas daun, diameter batang, berat segar tajuk, berat kering tajuk, dan berat segar akar. Intensitas penyinaran 75% memberikan hasil terbaik dibandingkan 100% dan 50%. Demikian juga pada aplikasi urine sapi tidak memberikan pengaruh nyata terhadap jumlah daun, diameter batang, berat kering tajuk, panjang akar, jumlah akar, berat segar akar, berat kering akar dan berpengaruh nyata terhadap tinggi bibit, luas daun dan berat segar tajuk. pada konsentrasi 40% memberikan hasil lebih baik dibandingkan dengan konsentrasi 0%, 20% dan 50%.
LOADING LIST...
danisyahputra860@yahoo.com
NONE
Text
INSTPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...