Erick Firmansyah,SP.M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMANFAATAN JENIS GAMBUT SEBAGAI CAMPURAN MEDIA TANAM DAN JENIS PUPUK N TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


ABSTRAK
Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pemanfaatan jenis gambut sebagai campuran media tanam dan macam pupuk N terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery telah dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta, pada ketinggian 118 mdpl. pada bulan Februari sampai April 2018.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah faktorial yang terdiri dari 2 faktor yang disusun dalam Rancangan Acak lengkap (RAL). Faktor pertama adalah jenis gambut yang terdiri dari 2 jenis yaitu : Ombrogen dan Topogen. Faktor kedua adalah jenis pupuk nitrogen yang terdiri dari pupuk Urea dan Za. Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam (Analisis of variance) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi kombinasi yang baik antara jenis tanah gambut dan jenis pupuk nitrogen terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penggunaan tanah gambut ombrogen dan topogen sebagai media tanam memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian pupuk Urea dan Za memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.
Kata Kunci : Kelapa Sawit, Gambut, Pupuk.

LOADING LIST...
vivavivaldimuhammad@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...