Ir. Tri Nugraha Budi Santosa, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PENAMBAHAN WAKTU PENCAHAYAAN DENGAN BERBAGAI WARNA CAHAYA DAN APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR ( URINE KELINCI ) TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh panambahan pencahayaan dan aplikasi urine kelinci terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilakukan di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Adapun waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama 3 bulan dari bulan April sampai Juni 2018.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Petak Terbagi (split plot). Main plot yaitu penambahan cahaya dengan berbagai warna yang terdiri dari 4 aras cahaya putih, biru, merah, kontrol (tanpa cahaya). Sub plot berupa aplikasi urine kelinci yang terdiri dari 4 aras yaitu kontrol (tanpa aplikasi), 1x3 hari, 1x7 hari dan 1x14 hari.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan pencahayaan dan aplikasi urine kelinci tidak memberikan interaksi nyata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery. Penambahan waktu pencahayaan berupa cahaya putih, biru, merah memberikan hasil lebih baik dibandingkan tanpa pemberian cahaya (kontrol) terhadap pertumbuhan tanaman bagian atas namun tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan akar bibit kelapa sawit pre nursery. Demikian pula pada aplikasi urine kelinci tidak memberikan pengaruh nyata terhadap seluruh parameter meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, diameter batang, berat segar tanaman, berat kering tanaman, panjang akar, jumlah akar, berat segar akar, berat kering akar. Dimana aplikasi urine kelinci memberikan pengaruh sama seperti tanpa aplikasi (kontrol)

LOADING LIST...
reganophelio@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...