Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc (p); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN DOSIS PUPUK KANDANG SAPI DAN PUPUK TSP TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI PRE NURSERY


PENGARUH PEMBERIAN DOSIS PUPUK KANDANG SAPI DAN PUPUK TSP TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI PRE NURSERY
Juanda Safitra , Ety Rosa Setyawati , Titin Setyorini
Fakultas Pertanian Institut Pertanian STIPER Yogyakarta

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk kandang sapi dan pupuk TSP terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di Pre Nursery dan untuk mengetahui interaksi antara pupuk kandang sapi dan pupuk TSP terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di Pre Nursery. Penelitian ini dilaksanakan di lahan pertanian milik masyarakat Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 15 Februari sampai 15 April 2018.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan acak lengkap (RAL) dengan pola faktorial yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah dosis pupuk kandang sapi yang terdiri dari 4 aras yaitu ; K0: Tanpa dosis pupuk kandang sapi (kontrol), K1: dosis pupuk kandang sapi 50 g/tanaman, K2: dosis pupuk kandang sapi 100 g/tanaman, K3: dosis pupuk kandang sapi 150 g/polybag. Sedangkan faktor kedua adalah dosis pupuk TSP yang terdiri dari 3 aras yaitu ; T1: dosis pupuk TSP 0,5 g/tanaman, T2: dosis pupuk TSP 1 g/tanaman dan T3: 1,5 g/tanaman. Dari Kedua faktor tersebut diperoleh 4 x 3 = 12 kombinasi perlakuan dan masing – masing perlakuan dilakukan 5 ulangan. Jumlah bibit yang diperlukan untuk percobaan adalah :12 x 5 = 60 bibit. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat berpengaruh nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pemberian dosis pupuk kandang sapi dan dosis pupuk TSP menunjukkan adanya interaksi nyata terhadap semua parameter pertumbuhan bibit kelapa sawit. Perlakuan kombinasi yang terbaik adalah pada semua dosis pupuk kandang sapi dan pupuk TSP (dosis pupuk kandang sapi: 150 g, 100 g, 50 g dan dosis pupuk TSP: 1,5 g, 1 g, 0,5 g) dan pada perlakuan kombinasi yang terendah adalah Tanpa Pupuk Kandang Sapi dan semua dosis Pupuk TSP (tanpa pupuk kandang sapi dan dosis pupuk TSP: 0,5 g, 1 g, 1,5 g) terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di Pre Nursery.
Kata Kunci: pupuk kandang sapi, pupuk TSP, bibit kelapa sawit.

LOADING LIST...
juandasafitra96@gmail.com
Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc (p) - Personal Name
Juanda Safitra - Personal Name
Titin Styorini, SP., M.Sc - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...