Dr. Ir. Agatha Ayiek Sih Sayekti, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PANEN DI PT. ANDES AGRO INVESTAMA CARGILL TROPICAL PALM KABUPATEN KETAPANG, KALIMANTAN BARAT


Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui kebutuhan tenaga kerja panen PT. Andes Agro Investama Cargill Tropical Palm, 2) Untuk mengetahui faktor – faktor yang berpengaruh terhadap produktivitas tenaga kerja karyawan panen PT. Andes Agro Investama Cargill Tropical Palm, 3) Untuk evaluasi hasil kerja tenaga kerja panen PT. Andes Agro Investama Cargill Tropical Palm.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan metode Simple Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak yang berjumlah 30 orang tenaga kerja panen dalam populasi 3 divisi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data dan pengamatan secara langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kebutuhan tenaga kerja panen pada divisi I kemitraan kekurangan tenaga kerja panen, pemanen yang ada saat penelitian sejumlah 16 orang, sedangkan yang dibutuhkan pada divisi I sejumlah 18 orang, dan faktor yang bepengaruh terhadap produktivitas tenaga kerja panen, seperti variabel umur, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan keluarga dan pengalaman kerja menunjukan tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas. Serta hasil pekerjaan tenaga kerja panen, tidak ditemukan buah mentah (unripe), buah busuk (rotten bunch), buah lewat matang (overripe) dan tangkai panjang (longstalk), dengan begitu artinya hasil pekerjaan pemanen sesuai kriteria dan sesuai prosedur panen yang ditetapkan perusahaan.

Kata kunci : Faktor - faktor, Produktivitas, Tenaga Kerja Panen.

LOADING LIST...
Yts84@yahoo.com
NONE
Text
INSTPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...