Ir. Sugeng Wahyudiono, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Pertumbuhan Eucalyptus sp. Pada Umur 18 Bulan Setelah Dilakukan Waste Thinning Trial


Kebutuhan perusahaan akan bahan baku pembuatan pulp dan kertas semakin meningkat, namun hal ini tidak sebanding dengan pertumbuhan tanaman yang ditanam di areal. Pertumbuhan riap tegakan tidak optimum dikarenakan rendahnya tingkat kesehatan tegakan akibat adanya berbagai faktor seperti serangan hama dan penyakit, kerusakan akibat angin serta hal lain yang dapat berpengaruh. Kecilnya riap akan memengaruhi perolehan hasil dan cenderung tidak mampu menutupi biaya pemanenan yang dilakukan. Kondisi inilah yang memaksa perusahaan untuk membeli bahan baku dari luar guna memenuhi kebutuhan bahan baku industri pembuatan pulp dan kertas.
Penelitian ini dilakukan di Estate Teso Timur PT RAPP, Kecamatan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Rancangan penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terbagi (RPT) dimana tata letak perlakuan menggunakan rancangan dasar Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan dua faktor perlakuan. Parameter yang diamati meliputi: diameter, tinggi dan volume pohon pada umur 18 bulan setelah penjarangan (waste thinning).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan waste thinning berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan diamater dan tinggi tanaman Eucalyptus sp. pada umur 18 bulan setelah thinning, dan faktor pemupukan tidak berpengaruh nyata. Pertambahan diameter terbesar diperoleh dari perlakuan N800 dengan rata-rata pertambahan diameter sebesar 5,36 cm. Pertambahan diameter terkecil diperoleh dari perlakuan N1300 dengan rata-rata pertambahan diameter sebesar 3,11 cm. Pertambahan tinggi terbesar diperoleh dari perlakuan N800 dengan rata-rata pertambahan tinggi sebesar 7,93 m. Pertambahan tinggi terkecil diperoleh dari perlakuan N1300 dengan rata-rata pertambahan tinggi sebesar 5,84 m. Perlakuan waste thinning dan faktor pemupukan tidak berpengaruh nyata terhadap total pertambahan volume tanaman Eucalyptus sp. umur 18 bulan setelah thinning.
LOADING LIST...
ajeprann@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...