M. Aris Pujiyanto; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Pengembangan Kelompok Tani di Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penyuluh pertanian dalam pengembangan Kelompok Tani di Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo dan untuk mengetahui kendala penyuluh pertanian di lapangan dalam kegiatan dan pelaksanaan upaya pengembangan Kelompok Tani di Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo.

Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penentuan lokasi yang akan diteliti dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengambilan sampel secara Simple Random Sampling bertahap/Multistage Sampling. Jumlah sampel 30 orang responden yang terdiri dari pengurus dari kelompok tani dan anggota kelompok tani.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyuluh pertanian telah berperan menjalankan tugasnya sebagai Motivator, Edukator, Organisator, Katalisator, Komunikator dan Penasihat. Adanya keluhan-keluhan dari petani terhadap permasalahan yang dihadapi seperti masalah budidaya tanamana padi (pembibitan, pola tanam, pemanenan dll), pemupukan (cara pemberian dosis pupuk), pengendalian hama dan penyakit tanaman, dan pasca panen dapat diatasi dengan adanya kegiatan penyuluhan pertanian.

Kata kunci: Penyuluhan, Pengembangan, Peran.
LOADING LIST...
muhammadaries.pujiyanto@gmail.com
M. Aris Pujiyanto - Personal Name
Dr. Ismiasih, S.TP. M.Sc - Personal Name
Ir. Trismiaty, MP (P) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...